Cara Membaca Hardisk NTFS di Mac

Ingin menggunakan drive NTFS pada Mac? Dalam panduan ini kami menunjukkan kepada Anda cara menggunakan drive yang diformat Windows di macOS. Format ini dibuat untuk Microsoft dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menghubungkan drive mereka ke mesin Windows dan bekerja dengan file. Karena NTFS adalah hak milik, Apple akan memerlukan lisensi khusus untuk menggunakannya sepenuhnya pada Mac yang mereka jual.
Alih-alih melakukan ini, macOS telah dirancang untuk membaca drive yang diformat NTFS tetapi tidak dapat menulis atau mengedit data tersebut. Dengan kata lain, sebagai pengguna Mac Anda hanya dapat membuka dan melihat file pada drive Windows: Anda tidak dapat mengubahnya dengan cara apa pun, Anda juga tidak dapat menyalin file baru ke disk format NTFS.

Dalam panduan Cara Membaca Hardisk NTFS di Mac ini, Anda akan menemukan beberapa solusi untuk dilema ini dari memformat drive ke sistem file yang lebih universal hingga menggunakan alat pihak ketiga.


1. Format ke FAT32
Jika Anda memiliki drive NTFS, Anda dapat menggunakan Disk Utility macOS untuk memformatnya menjadi FAT32. Ini mudah dilakukan dan berarti data pada drive / USB stick Anda dapat dibaca dan ditulis pada Mac dan PC OS Apple.

Ketahuilah bahwa format FAT32 tidak seefisien NTFS: hanya mendukung ukuran file hingga 4GB. Ini dapat menimbulkan masalah jika Anda menggunakan drive untuk menyimpan video berkualitas tinggi. Informasi lebih lanjut tentang FAT32 versus NTFS tersedia dari Dukungan Microsoft.

Untuk memulai, klik ikon Spotlight di kanan atas layar Anda dan masukkan ‘Disk’ untuk meluncurkan Disk Utility. Masukkan drive NTFS atau stik USB Anda dan klik untuk menyorot nama disk di kotak putih di sisi kiri jendela.

Pilih tab ‘Hapus’. Di bawah ‘Format’ pilih ‘(MS-DOS FAT)’. Masukkan nama baru untuk drive di bidang di atas jika Anda mau.

Klik ‘Hapus’ untuk melanjutkan. Baca peringatan dengan seksama sebelum melanjutkan, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di drive. Mulai sekarang Anda akan dapat memindahkan file ke drive Anda dan mengeditnya di tempat dari Mac atau PC.

2. Aplikasi pihak ketiga
Fakta bahwa macOS tidak mendukung drive Windows NTFS telah menyebabkan pengembangan sejumlah aplikasi pihak ketiga, yang dilisensikan untuk membaca dan menulis ke disk Windows.

Ini bisa sangat membantu jika Anda secara teratur harus mencolokkan drive Anda ke Mac dan PC, keduanya menggunakan ukuran file yang lebih besar daripada yang didukung oleh format FAT32 yang lebih universal.

Salah satu pesaing terkuat untuk macOS adalah Microsoft NTFS untuk Mac by Paragon, yang menawarkan uji coba gratis selama sepuluh hari dari fitur-fiturnya. Setelah diinstal, aplikasi akan memasang drive Windows Anda memungkinkan Anda untuk mengubah atau menghapus file ke konten hati Anda.

3. Pindahkan ke Cloud
Jika Anda hanya ingin bekerja atau berkolaborasi pada beberapa file, mengapa tidak membuang drive sama sekali dan menempatkan file Anda di Cloud?

Layanan daring seperti iCloud Drive menawarkan tunjangan gratis (5GB) yang baik dan memungkinkan Anda untuk segera menyinkronkan, mengedit, dan berbagi file bahkan jika mereka awalnya dibuat untuk Windows dan disimpan ke disk NTFS.

Untuk memanfaatkan iCloud, cukup buka drive Windows Anda di Finder, lalu salin dan tempel file apa pun yang ingin Anda gunakan ke lokasi ‘iCloud Drive’. Jika Anda tidak melihat ini adalah panel samping, buka System Preferences> iCloud untuk memeriksa Anda masuk dan bahwa layanan ini diaktifkan.

Sistem operasi Mac akan secara otomatis menyinkronkan file ke server Apple. Setelah Anda membuka file dan membuat perubahan apa pun yang Anda butuhkan, Anda dapat mengirim tautan berbagi kepada orang lain jika diinginkan.

Untuk melakukan ini, klik kanan pada file apa pun, lalu arahkan mouse Anda ke 'Bagikan'. Dari sini Anda dapat memilih berbagai metode untuk mengirim tautan berbagi Anda mis. melalui ‘Mail’.



Latest