Tips Cara Berenang Pemula

Berenang adalah suatu hal yang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita, karena seperti yang kita tahu olah raga berenang ini dapat membuat badan kita sehat, rileks, dan tak sedikit yang mengatakan bahwa renang juga dapat meninggikan badan kita.

Bagi sebagian orang renang adalah hal yang susah, Mungkin sebagian teman-teman ada yang belum bisa ataupun hanya berenang dalam gaya batu doang. Ok, oleh karena itu kami pada artikel kali ini akan memberikan sebuah tips dasar cara berenang untuk pemula yang baik:

1. Mulailah dengan kolam yang dangkal. (Jelaslah orang belajar langsung ke kolam yang dalam, bisa tinggal nama doang ntar!!hehe)

2. Jangan pernah membuka mulut saat di dalam air. (jangan percaya istilah "sambil menyelam sambil minum air" karena bisa kembung nanti!!:)

3. Latihlah pernafasan terlebih dahulu. (Bisa dengan beberapa saat tidak bernafas dalam air)

4. Selanjutnya belajar mengapung. (usahakan badan kita terapung dalam air dengan menggoyangkan kaki dengna pelan, dan kaki tidak menyentuh lantai dasar kolam. Konsentrasi, naikan kepala agar tidak masuk dalam air, bayangkan anda diatas awan).

5. Setelah itu, cobalah renang dari pojok kolam ke pojok kolam lainnya. (jari tangan harus menutup, dan kibaskan kaki pelan2 dulu).

6. Bila semua langkah2 diatas sudah beres, Sekarang cobalah untuk memindahkan kepala kanan ketika tangan kanan naik dan praktek di kiri juga. Anda akan mendapatkan mulut diatas air, ini adalah sedikit waktu untuk bernafas. Nafas dengan mulut (bukan hidung).




28 comments

avatar

aku nggak bisa renang tapi kalo baca tips ini kayaknya mudaaaahhhh banget, tp klo di praktekin bisa nelen air segalon aku :D

avatar

Trims infonya
saya setuju dgn pendapat diatas,,,yang jelas kalo saya berenang harus tahu cara ngapung diair dulu,,,terus kalo sudah bisa ngapung,,,mulai enak untuk menerapkan cara berenang,,,apakah gaya bebas apa gaya kebelakang,,,

salam
Ahmad Fikri

avatar

@dunia polar: hahaha..klo ga pingin nelen air, sebelum renang lakban aja mulut ama hidungnya..:D
@Ahmad Fikri: Salam kenal bos..:)

avatar

hihihi...boleh juga neh, kebetulan belum bisa renang. tapi mo belajar dimana??? malu juga nie

avatar

Saya cuma bisa gaya bebas dan buat ngapung masih susah banget.. padahal berenang ini adalah olahraga yg terbaik karena tidak ada tekanan berarti ke tubuh kita.

avatar

wa ha ha... mau ngapung coba aja pake perahu, klo gak punya pake gentong juga ok!

avatar

kalau kamu mau ngapung, kamu harus ringankan tubuh kamu kemudian pejamkan mata dan menarik nafas. selepas itu kmu mula dengan memasukkan tubuh kamu ke dalam air dan ringankan tubuh kamu seperti kamu mau tidur. dan operasi terapung bermula. dalam proses terapung ini, tubuh kamu akan tenggelam ke dalam air seketika dan kamu gak perlu risau dan terus meringankan badan kamu. kemudian tubuh kamu akan mula menaik dan naik sehingga kamu ngapung. lakukan sehingga kamu bisa ngapung dengan bagus. jika kamu udah bagus, kamu bisa berenang dengan menggoyangkan kaki kamu dan tangan kamu harus di gerakkan iaitu seperti ini = tangan kamu buat seperti kamu mengorek lubang.... dan tubuh kamu akan bergerak dengan perlahan....

avatar

Kaki saya sulit untuk mengapung ke atas.
Tapi aku coba tips kamu deh.
Lamnal coy

avatar

aku sebenernya ga bisa berenang, tp klo ada cewek sexy nan cantik, tiba2 bisa sendiri..!! aneh!!

avatar

Trims atas tipsnya.. malu juga nih dah gede ga bisa berenang.. saatnya belajar sblm tua..hehehe..

avatar

kalau poengen bza gaya bebas gmana cara y?

avatar

aku juga pengen bisa renang he..he

avatar

Terimikiciw,, tus trang gw gaptek bgt soal brenang.

avatar

thanks tipsnya..

aku bisa berenang gaya batu aja hihi.... skali nyemplung kelelep dah...

avatar

Harus di coba nih, petualang tapi blm bisa renang

avatar

Thanks onfo nya mas brooo.....

avatar

Infonya sangat bermanfaat kk, nanti langsung aku praktekin deh, mudah-mudahan bisa

avatar

Makasih infony :)

avatar

Saya 21 tahun gak pande2 berenang,
bagaimana ya,
padahal berenang kan bagos tuk mempercantik badan,
apalagi saya atletis

avatar

Makasi Nihh Gan, Aku UDah Bisa :)

avatar

Makasihh Nihh Aku Sekarang Bisa BerenanG :)

avatar

Aq ga bsa rnang...tp liat tips diatas ky e mdh...stlh praktek susah na mnta ampn..

avatar

hahaha, atletis kok kalah ama anak kampung yg udah pande berenang dari kecil,

avatar

alhamdulillah karena keasyikan berenang tinggi saya sekarag 185 cm

avatar

susah memang kalau sudah berumur baru belajar berenang

avatar

@Pendaki Muslim: Tetap Semangat bro