Mengobati Diabetes Dengan Undur-Undur


Undur-undur darat adalah kelompok binatang holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. undur-undur yang nama latinnya Myrmeleon sp (mungkin penamaannya berdasar gayanya berjalan yang selalu mundur) Dalam bahasa mandarin hewan ini bernama di-gu-niu dan dalam bahasa Inggris disebut Antlion.

Binatang ini biasa bersarang di tanah yang berpasir dengan membuat kawah-kawah kecil di pasir sebagai sarang yang berfungsi juga sebagai alat perangkap hewan-hewan kecil yang sering di jadikan sebagai santapan mereka seperti semut,serangga dll.

Berdasarkan penelitian diketuai Tyas Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada Jogjakarta berjudul Kajian Potensi Undur-Undur Darat (Myrmeleon sp) 2006, binatang ini mengandung zat sulfonylurea.Kerja sulfonylurea pada undur-undur adalah melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Karena, ketika insulin dalam tubuh manusia menurun sementara kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di mana insulin sebagai penghasil energi tubuh terus berkurang. Akibatnya, tubuh mudah terserang penyakit.

Pemilih Toko Obat Wan Fu Dang di Kapas Krampung, Koh Eddy, mengakui undur-undur sejak lama dikenal masyarakat Tiongkok untuk pengobatan diabetes. Biasanya, undur-undur mentah dimasukkan ke dalam kapsul atau dicampur bahan herbal lain lalu ditelan. Cara pengobatan alternatif ini kini mulai diburu pasien diabetesDr Huang Lie Ying dari Klinik Hwato Medicine, Gubeng, mengungkapkan bahwa di-gu-niu memang digunakan di Tiongkok sebagai obat diabetes, dan nyatanya manjur. Namun, penelitian klinisnya dan pemakaian secara klinis di Tiongkok belum ada, tukas Huang yang asli Tiongkok dan hanya bisa bahasa Mandarin ini, Jumat (27/10).



1 comments:

avatar

thx sohib buat infonya....
nanti gw kasih tau temen gw...
mamanya kena diabet...
top man....