Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan


Cokelat merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi Anda. Cokelat biasa dijadikan kudapan. Selain rasanya yang enak, ternyata coklat punya manfaat lain lho!

Riset yang dipimpin Dr. Valentine Yanchou Njike dari Yale Prevention Research Center, yang dilansir Reuters, Sabtu (24/03) menyebutkan coklat hitam memiliki kandungan theobromine, phenethylamine, dan kafein yang jika dikonsumsi secara seimbang dan tepat akan membantu fungsi pembuluh darah.

Dan juga Sebuah penelitian dilakukan di Universitas Northumbria, Newcastle, Inggris, mengatakan bahwa cokelat bermanfaat untuk meningkatkan daya fikir otak.

Selain itu, cokelat sebagai sumber zat bio-aktif anti-oksidan polifenol, khususnya flavonoid memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji cokelat mengandung banyak monomer epicatechin (flavanol), dan molekul procyanidins (bentuk polimer). Fungsi flavonoid pada cokelat juga sebagai antioksidan melalui mekanisme penangkapan senyawa radikal bebas dan menghambat oksidasi enzim-enzim seperti lipoxygenase. Dalam hal ini procyanidin adalah penangkap radikal bebas yang efektif.

Nah, meski coklat terbukti sebagai salah satu makanan dewa seperti nama latinnya Theobroma cacao (food of the Gods), namun bukan berarti menjadikan cokelat sebagai makanan harian, karena konsumsi yang berlebihan apalagi dengan kandungan gula yang tinggi justru memperburuk kesehatan, terutama pada penderita glaukoma dan pasien kencing manis.



5 comments

avatar

bener sob..
coklat ternyata ga buruk juga.. karena banyak manfaatnya... :D

avatar

Mungkin memang benar jika coklat disebut sebagai makanan dewa. Selain rasanya yang enak coklat juga terbukti baik bagi kesehatan. Dari salah satu artikel yang pernah saya baca coklat justru baik bagi kesehatan gigi, karena kandungan salah satu zat di kulit kakao. Coklat juga terbukti aman bagi jantung, tentunya dengan konsumsi yang tidak berlebihan :)
Nice artikel

avatar

Terima kasih banyak untuk informasinya.

avatar

posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/
ditunggu ya ^^

avatar

Wah kayanya aku perlu mengurangi coklat nih :(