Cara Membasmi Rayap


Salah satu masalah yang sering ditemukan dalam rumah adalah rayap. Walaupun bentuknya kecil, rayap dapat menghancurkan sebuah gedung sekalipun. Hal ini disebabkan karena kayu yang biasanya dijadikan pondasi rumah habis digerogoti hingga keropos dan hanya tertinggal kulit kayunya saja.

Rayap sering kali sulit diberantas. Mereka hidup dalam komunitas besar dan senang berada di tempat yang lembab dan gelap, seperti gudang atau loteng yang terkena bocoran air. Sayangnya banyak daerah di Indonesia yang memiliki suhu yang hangat dengan kelembaban tinggi. Maka diperlukan perhatian extra keras untuk memberantas rayap dari rumah.

Rayap dapat menembus tembok dan memakan apa saja mulai dari buku, rak, lemari dan lain-lain. Untuk itu, terdapat dua cara untuk mengatasi rayap yaitu di tahap pra konstruksi dan pasca konstruksi, yaitu sejak pembangunan pondasi rumah, pilihlah kayu yang berkualitas seperti kayu jati atau merbau karena memiliki bau yang menyengat sehingga tidak disenangi rayap, maka kemungkinan timbulnya rayap relatif lebih kecil.

Cara yang lain adalah dengan menyemprotkan bahan kimia anti rayap ke lapisan tanah pondasi rumah sebelum rumah dibangun untuk mencegah rayap menyusup masuk ke bangunan, menyemprotkannya ke seluruh lantai bangunan atau menyemprotnya langsung ke permukaan kayu.

Komposisi Anti Rayap : Obat Anti Rayap + minyak Tanah (takarannya tiap pabrik berbeda, anda tinggal ikuti petunjuk pemakaian)Obat anti rayap dapat anda peroleh di Toko Kimia atau di Penyedia Jasa Penyemprotan Anti Rayap.



5 comments

avatar

Wah... berguna bgt nih!
untuk membasmi rayap di rumah n menjadikan rumah lebih awet.. :D

Hermawan Petra
www.jagoaninternet.com

avatar

Terima kasih atas informasinya..

avatar

ada cara lain tidak selain itu?
soalnya saya sudah coba,tp kok ada lg ada lg.terima kasih